BE PROMOTED HERE
Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Luna Kiss Dhani Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Sabtu, 01 Mei 2010 | 23.39 | 0 Comments

ANI, TKW CILEBAR 10 TAHUN TANPA KABAR



Sidik Bin Oin (59) warga dusun Cilenjoh RT 03/02 Desa Sukaratu Kec Cilebar Karawang, mengeluhkan nasib Ani (41) anak tirinya yang sudah sepuluh tahun bekerja di Riyadh Arab Saudi. Sejak keberangkatannya pada tanggal 17 Agustus 2000 hingga saat mengadukan kepada Camp Migrant 17 Maret 2010 belum ada kontak sama sekali.

Masih kata Sidik, dua tahun yang lalu ia didampingi Serikat Buruh Migrant Karawang sudah mengadukan ke BNP2TKI, namun hingga saat ini belum ada kejelasan perkembangan status kasus anaknya.

Akibat persoalan anaknya tersebut, ia yang sudah berusia renta sering mengalami sakit-sakitan karena konsentrasi pikirannya selalu tertuju pada anaknya yang belum ada kabar selama delapan tahun, ia juga kerap menjadi sasaran pertanyaan dari istrinya yang selalu menanyakan perkembangan kasus Ani.

Berdasarkan copy dokumen pengaduan yang ada diketahui bahwa, Sidik sudah mengadukan kasus Ani kepada BNP2TKI pada tanggal18 Desember 2008. Kemudian BNP2TKI menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan melakukan panggilan pertama dengan nomor surat 65/CC/XII/2008 kepada Pihak PT yang memberangkatkannya tertanggal 23 Desember 2008. Pada hari senin tangal 5 Januari 2009, Pihak PT diwakili oleh Usman memberikan surat pernyataan bahwa pihaknya udah melakukan upaya pemulangan melalui agen dan KBRI Arab Saudi.

Dari dokumen yang ada juga diketahui bahwa Ani Bt Sadikin diproses pemberangkatannya melalui PT Boughsan Labrindo yang beralamat di Jl Kelapa Dua Wetan No 17 Ciracas Jakarta Timur.

Berdasarkan analisa Tini Kartini, aktivis Camp Migrant yang menerima pengaduan tersebut, ia menemukan adanya kejanggalan dalam copy paspor Ani Bt Sadikin, disitu ditulis bahwa Ani Bt Sadikin beralamat di Desa Tegalega RT 05/06 Kabupaten Sukabumi, padahal berdasakan keterangan dari orang tuanya, Ani menggunakan KTP Karawang, bukan Sukabumi.

Tini menambahkan, pihaknya kembali akan mempertanyakan kinerja BNP2TKI dan Instansi lainnya yang terkait dengan persoalan TKI.

Berita Oleh : boby camp migrant
Di poskan oleh : Sudarto Karim

0 komentar:

Posting Komentar

apa komen kamu?

PERCAYALAH....!!! IKLAN INI BUKAN PENIPUAN,
 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by Jurnalborneo.com
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.